Aset terpenting perusahaan Anda adalah pelanggannya, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda berurusan dengan pelanggan dengan benar. Tanpa mereka, Anda tidak akan, dan tidak bisa, eksis dalam bisnis. Tentu, Anda dapat menarik pelanggan baru dengan produk unik, hadiah gratis, atau menurunkan harga; tetapi jika Anda tidak menjalin hubungan dengan mereka, mereka tidak akan kembali atau merekomendasikan Anda. Terkadang membangun hubungan itu bisa menjadi tantangan. Pertanyaan yang Anda ajukan dalam peran menghadapi pelanggan bisa sama-sama menarik, monoton, lucu, dan menantang. Kuncinya adalah membuat setiap pelanggan merasa diterima dan dibantu. Berikut adalah sepuluh tips menghadapi pertanyaan pelanggan dengan pelanggan dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik
1. Dengarkan Pelanggan
Terkadang, pelanggan hanya perlu tahu bahwa Anda mendengarkan. Jika mereka bingung atau memiliki masalah, dengan mendengarkan, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dan tidak mengabaikan mereka.
2. Minta maaf
Ketika ada yang salah, minta maaf. Sungguh menakjubkan betapa menenangkan kata-kata “Saya minta maaf”. Jangan mencari-cari kesalahan atau menyalahkan, tetapi beri tahu mereka bahwa Anda menyesal mereka punya masalah. Atasi masalah dengan segera dan beri tahu pelanggan apa yang telah Anda lakukan.
3. Anggap Mereka Serius
Membuat pelanggan merasa penting dan dihargai. Tidak peduli betapa konyolnya sebuah pertanyaan bagi Anda; itu penting bagi pelanggan. Jika mereka merasa ditertawakan, atau direndahkan, mereka tidak akan membeli apa pun. Pelanggan bisa sangat sensitif dan akan tahu apakah Anda benar-benar peduli dengan mereka atau tidak.
4. Tetap Tenang
Sulit seperti kadang-kadang, penting untuk tetap tenang. Pendekatan menenangkan Anda akan membantu pelanggan Anda tetap tenang juga. Mereka akan merasa seperti Anda mengendalikan situasi dan bahwa Anda dapat membantu memecahkan masalah mereka. Di atas adalah contoh percakapan customer service yang berjalan baik. Untuk tahu lebih banyak,kamu bisa mengikuti kelas singkat bahasa inggris.