Cara Memilih Kulkas Hemat Listrik untuk Rumah Anda

  • Whatsapp
Cara Memilih Kulkas Hemat Listrik untuk Rumah Anda

Apa yang paling penting saat mencari sebuah kulkas? Selain ukuran, desain dan warna tentunya. Daya listrik adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan. Kulkas hemat listrik tentu lebih nyaman untuk kebutuhan rumah tangga dan tentu untuk kantong. Cari tahu kulkas hemat berapa watt yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Pilih Kulkas Hemat Listrik Sesuai Daya Listrik Di Rumahmu

Pertimbangkan kapasitas dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pemakaian listrik. Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan dalam keluarga dalam membeli merek kulkas hemat listrik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat jadi indikasi kalau sebuah kulkas tidak boros listrik.

  1. Energy Efisien

Perhatikan pemakaian energi dari tiap kulkas yang sedang Anda pertimbangkan untuk beli. Cari kulkas yang disertai dengan label EnergyStar atau EnergySaver. Keduanya jadi tanda kalau kulkas yang Anda pilih adalah kulkas yang hemat pemakaian listriknya. Tanda ini biasanya cukup mudah ditemukan karena menjadi salah satu keunggulan yang kerap dipromosikan oleh produsen.

  1. Teknologi Pendingin

Produsen elektronik semakin berinovasi dengan produknya. Kulkas hemat listrik semakin banyak bermunculan, perhatikan teknologi yang ditawarkan untuk membuat proses pendinginan cepat dan tahan lama. Ada yang mengedepankan multiple air flow technology yang memastikan fitur pendingin merata. Ada juga sistem hybrid cooling pada kulkas yang menggabungkan direct cooling dan fan cooling agar makanan tetap awet.

  1. Defrost

Kulkas yang tidak menimbulkan bunga es tentu lebih hemat listrik. Karena adanya bunga es dapat membuat kulkas tidak dingin. Jadi, kulkas perlu dimatikan agar bunga es dapat mencair dan kembali dingin. Kulkas dengan pengaturan defrost juga tergolong sebagai fitur yang hemat dalam pemakaian listrik.

  1. Kapasitas dan daya

Kulkas hemat listrik dua pintu maupun satu pintu tentu berbeda. Semakin kecil kapasitasnya maka daya listrik yang dibutuhkan juga semakin kecil. Pilih dimensi dan desain yang sesuai dengan ruangan yang tersedia serta kebutuhan sehari-hari. Bila hanya ada satu atau dua orang dirumah, tentu tidak butuh kulkas berukuran besar, kan?

  1. Kompresor Inverter

Kulkas yang mengadopsi teknologi inverter diklaim dapat menghemat energi sampai 70 persen. Kulkas akan tetap dingin dengan menjaga kompressor hidup dengan laju perlahan saat suhu mencapai titik tertentu. Aktivitas seperti sering buka-tutup kulkas tidak akan menjadikan kulkas Anda boros, dengan memakai teknologi ini.

  1. Fitur Tidak Perlu

Walau menjadi tambahan yang menyenangkan, ada beberapa fitur yang terdapat pada kulkas yang justru membuatnya boros listrik. Ambil contohnya kulkas dengan kompartemen banyak, pembuat es otomatis, water dispenser atau tampilan menu dengan LED yang menyala. Semuanya menambahkan pemakaian listrik yang bisa dengan mudah ditiadakan dan jadi kulkas hemat yang handal.

  1. High Moisture Switch

Cuaca juga mempengaruhi kualitas kulkas. Perhatikan apakah kulkas yang Anda minati memiliki tombol high moisture switch atau tidak. Tombol ini memungkinkan untuk merubah temperatur dalam kulkas sesuai dengan kelembaban. Hindari kondensasi saat cuaca panas dan kering. Dengan demikian Anda bisa lebih menghemat energi dan tentu saja tidak boros listrik.

Memilih kulkas hemat listrik ternyata tidak sulit, bukan? Dengan lebih teliti membaca spesifikasi dan keterangan, Anda bisa berhemat dan tentu akan terasa manfaatnya untuk jangka panjang. Kalau masih merasa kurang referensi, Anda bisa buka pickybest.id dan dapatkan review serta rekomendasi banyak produk termasuk kulkas. Pilih dengan cermat kulkas hemat dua pintu atau satu pintu yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi merek kulkas apakah yang Anda ingin beli?

Related posts