Orang yang sudah berusia lanjut umumnya rentan sekali mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan sendi. Seperti rasa sakit, kemudian juga disertai dengan adanya pembengkakan bahkan juga benjolan, sehingga membuat mereka kesulitan di dalam bergerak. Hati-hati karena ini bisa jadi gejala dari penyakit asam urat. Kondisi kesehatan yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan. Penyakit yang satu ini disebabkan karena penumpukan asam urat yang terjadi di sendi sehingga membentuk kristal yang tajam dan menyebabkan rasa sakit pada penderitanya. Ketika sudah mulai dirasakan gejalanya mulai merubah pola hidup, diantaranya adalah dengan menghindari pantangan asam urat.

Bagi sebagian besar orang tentunya hal tersebut sulit untuk dilakukan, mengingat faktanya makanan dan juga minuman yang memicu terbentuknya asam urat ini sendiri terbilang sebagai jenis makanan yang enak-anak. Hanya saja jika terus dibiarkan sudah pasti dampaknya juga kian serius bagi tubuh Anda bukan. Aktivitas menjadi sangat terganggu karena rasa sakit tersebut, bahkan mungkin akan memicu kondisi yang lebih serius lagi.

Berikut ini diantaranya daftar makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam urat, yaitu:

  1. Daging merah, semua jenis daging merah memang dikenal tinggi kandungan zat purinnya, senyawa yang dapat membentuk asam urat dalam tubuh, mulai diantaranya adalah daging sapi, daging kambing, babi hingga bebek.
  2. Jeroan, apapun jenis jeroannya pada dasarnya selain kolesterol maka bahan makanan yang satu ini juga dikenal tinggi kadar zat purinnya, sehingga berbahaya untuk dikonsumsi, apalagi jika senadainya dalam jumlah berlebih.
  3. Ikan laut, namun tidak semuanya, hanya beberapa jenis layaknya tuna dan juga makarel. Kedua jenis ikan ini memang sering kali dijadikan sebagai favorit oleh masyarakat karena rasanya yang enak, namun tidak baik bagi penderita asam urat.
  4. Seafood, boga bahari memang tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu bahan makanan yang begitu tinggi kandungan zat purin di dalamnya, entah itu udang, cumi, kerang dan yang lainnya, harus dibatasi jumlah konsumsinya.
  5. Makanan dan minuman manis, jenis makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya atau dengan mengandalkan fruktosa.
  6. Makanan yang diolah dengan memakai ragi, seperti diantaranya adalah roti.
  7. Sayur-sayuran tertentu, layaknya jamur, bayam, kembang kol, kacang merah dan juga kacang panjang.

Selain itu nantinya Anda bisa memperbanyak beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini untuk mengatasi asam urat yang diderita, yaitu:

  1. Buah-buahan, buah-buahan seperti jeruk, melon dan juga apel terbukti sangat baik bagi penderita asam urat.
  2. Sayuran seperti wortel dan juga tomat.
  3. Perbanyak konsumsi air putih, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sangatlah penting, tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, melainkan nyatanya juga bagus dalam mengurangi terjadinya pembentukan kristal asam urat yang ada pada sendi.
  4. Gantilah karbohidrat sederhana yang Anda konsumsi sehari-hari dengan jenis karbohidrat kompleks, layaknya beras merah, beras hitam dan juga gandum.
  5. Konsumsi produk susu yang rendah lemak.

Itulah pantangan asam urat dan juga anjuran menu makanan yang hendaknya dikonsumsi. Tentunya agar bisa terhindar dari penyakit yang satu ini selain dengan memperhatikan asupan makanan Anda, maka tidak kalah penting adalah dengan rutin atau rajin berolahraga. Karena bagaimanapun olahraga membantu tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah dari beragam penyakit berbahaya, lakukan secara teratur.