Membahas Serba-serbi Press Release dalam Jasa Press Release

  • Whatsapp
Jasa Press Release

Jasa press release memang sudah ada sejak beberapa waktu lalu dan banyak juga yang membutuhkan jasa ini. Namun, sebelumnya apa yang dimaksud dengan press release tersebut? Press release sendiri merupakan sebuah kegiatan menyampaikan informasi dari perseorangan, instansi, atau badan usaha kepada pihak media massa atas tanggapan atau respon akan sesuatu hal. Berikut beberapa hal yang bisa disampaikan melalui siaran pers.

  1. Meluruskan informasi yang keliru atau menyesatkan yang berpotensi membentuk opini publik.
  2. Melengkapi informasi yang berkembang dan dikonsumsi oleh publik namun isinya tidak lengkap sehingga memungkinkan kesalahpahaman.
  3. Memperkenalkan atau menjelaskan sebuah kebijakan baru atau keputusan lama yang belum disosialisasikan.
  4. Menyampaikan hal-hal yang bersifat personal namun dianggap sebagai kepentingan publik.

Mengelompokkan Kategori Press Release

Press release dikelompokkan menjadi tiga kategori, antara lain sebagai berikut.

  1. Hard News Press Release

Hard news press release merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang atau humas guna merespon informasi yang sedang berkembang secara mendadak dan tiba-tiba. Biasanya untuk jasa press release ini dilakukan dalam kurun waktu 2×24 jam.

  1. Soft News Press Release

Soft news press release merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak berwenang atau humas yang tidak langsung harus ditanggapi dengan menggunakan press release.

  1. Embargo

Embargo merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak berwenang atau humas untuk meminta kepada pihak media agar tidak memberitakan terlebih dahulu akan sebuah peristiwa.

Belajar Teknik Penulisan Press Release

Jika Anda perhatikan biasanya jasa press release menerapkan sejumlah kaidah atau teknik dalam menulis press release. Berikut beberapa teknik dalam penulisan press release yang wajib dipelajari.

  1. 5W+1H

Sama halnya dengan berita, menerapkan unsur 5W+1H akan membuat tampilan atau penyampaian press release menjadi lebih teratur sehingga orang yang membaca akan dengan mudah memahami isinya.

  1. Pemakaian Bahasa Sehari-hari

Sebaiknya gunakan bahasa sehari-hari yang tetap sopan untuk menyampaikan press release agar tidak terkesan kaku.

  1. Buang Kata-Kata Tidak Penting

Jangan bertele-tele dalam menyampaikan press release dengan cara membuang kata-kata yang sekiranya tidak penting.

  1. Gunakan Kalimat Efektif

Sama halnya dengan membuang kata-kata yang tidak penting maka gunakan kalimat-kalimat yang pendek dan efektif sehingga tidak terkesan bertele-tele.

  1. Paragraf Maksimal 5 Baris

Agar isinya tetap nyaman untuk dibaca maka sebaiknya setiap paragraf press release terdiri dari 4-5 baris saja.

  1. Spasi Ganda

Agar nyaman ketika dibaca maka sajikan press release dalam dua spasi sehingga tampak rapi dan jelas tampilannya.

  1. Sertakan Kontak

Kontak sangat penting untuk disematkan agar memudahkan orang yang hendak menghubungi Anda terkait dengan press release tersebut.

  1. Periksa Ejaan Nama Orang

Jangan sampai Anda salah dalam menuliskan ejaan nama orang, karena hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat fatal. Agar dapat menghindari kesalahan ejaan nama orang, Anda harus memeriksanya beberapa kali dan memastikan bahwa ejaannya sudah benar.

  1. Tulis Satu Lembar Saja

Lebih baik tuliskan press release Anda dalam selembar kertas sehingga tidak membosankan karena harus membaca berlembar-lembar kertas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai press release, Anda bisa mencoba untuk mempelajarinya dari jasa press release yang bisa Anda temukan secara online. Perhatikan tampilan dan juga gaya penulisannya. Dengan begitu Anda bisa mencoba untuk menjadikan contoh-contoh press release yang dihasilkan oleh pihak jasa pembuatan press release untuk mulai menulisnya sendiri.

Related posts