Paparan sinar matahari adalah hal yang tidak bisa dihindari saat Anda beraktivitas. Padahal bila Anda terpapar sinar matahari secara terus menerus akan menyebabkan kulit Anda menjadi memerah, terbakar. Risiko lainnya yang lebih buruk adalah mempercepat penuaan, dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari Anda bisa menggunakan sunblock. Selain sunblock, Anda bisa juga menggunakan sunscreen lho!. Sunscreen merupakan lotion pelindung sinar matahari yang menyerap ke dalam lapisan teratas kulit saat menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Umumnya sunscreen melindungi kulit dari sinar UVB. Sedangkan sunblock adalah lotion pelindung kulit langsung dari paparan sinar matahari yang bisa menangkal dan juga menghalangi sinar matahari sebelum meresap di dalam kulit. Selain fungsi tersebut, masih banyak lagi fungsi sunblock, dan berikut ini fungsi-fungsi sunblock yang jarang diketahui oleh orang-orang.

  1. Sunblock Membantu Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Jerawat memang menjadi momok bagi para wanita. Tidak hanya jerawatnya saja, namun noda bekas jerawatnya pun juga menjadi masalah. Apalagi jika noda jerawat tersebut tak kunjung pudar bahkan semakin parah. Umumnya noda jerawat bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi apabila terpapar sinar matahari terus-menerus produksi melanin meningkat yang membuat warna dari bekas jerawat akan semakin menggelap. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan Anda. Bila Anda menggunakan sunblock bekas jerawat akan memudar lebih cepat.

  1. Menggunakan Sunblock Secara Rutin Dapat Membuat Kulit Tampak Lebih Awet Muda Sinar UVA bisa merusak kandungan kolagen dan elastin di dalam kulit Anda yang menyebabkan timbulnya penuaan dini, yaitu kulit kering dan kusam dan juga timbulnya garis-garis halus. Dengan menggunakan sunblock yang mengandung bahan avobenzone, zinc oksida, serta titanium dioksida yang bisa menangkal sinar UVA dengan bagus.

Sunblock Itu Penting! Yuk Simak Fungsi dan Tips Memilihnya dengan Tepat

3.Sunblock Bisa Mencegah Kulit Terbakar

Dengan rutin menggunakan sunblock Anda bisa terhindar dari resiko kulit terbakar. Kulit terbakar adalah kondisi dimana adanya rasa panas dan perih di kulit. Memang kondisi tersebut tidak terlalu berbahaya, namun kulit yang terbakar terus menerus bisa menyebabkan kanker kulit.

  1. Sunblock Bisa Meratakan Warna Kulit

Dengan menggunakan sunblock secara teratur akan memperlambat melanin yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Tidak hanya dilindungi, kulit juga akan meregenerasi dan juga memperbaiki warna kulit seperti semula.

  1. Sunblock Bisa Juga Diaplikasikan sebagai Primer Wajah lho!

Selain untuk kesehatan, sunblock juga berfungsi untuk kecantikan. Fungsi utamanya adalah untuk primer sebelum mengenakan make up. Sunblock saat ini mempunyai kandungan silikon sehingga saat digunakan, wajah akan tampak halus dan tidak berminyak. Ingat nih jangan menggunakan sunblock khusus badan di wajah Anda ya!.

  1. Sunblock Dapat Melembabkan Kulit

Sunblock yang ada di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan kandungan lidah buaya dan minyak alami yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik, maka akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembab, kenyal, dan elastisitasnya terjaga.

  1. Sunblock Dapat Memperlambat Pertumbuhan Jerawat Baru

Berdasarkan penelitian, sinar matahari bisa memancing terjadinya proses oksidasi pada kandungan squalene di dalam kulit. Bila squalene teroksidasi, maka pertumbuhan sebum pun bertambah yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Dengan adanya kejadian tersebut membuat munculnya jerawat-jerawat baru. Hal tersebut bisa dicegah dengan rutin menggunakan sunblock, karena kulit Anda akan terlindung dari sinar matahari dan membuat squalene pun tidak mengalami proses oksidasi.

  1. Sunblock Dapat Membantu Mengoptimalkan Penggunaan Skincare

Mengaplikasikan sunblock di akhir perawatan kulit akan membantu mengunci nutrisi serta manfaat yang Anda dapatkan dari perawatan kulit. Tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang optimal dari penggunaan produk kecantikan kulit yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk memastikan selalu produk sunblock yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit. Bila Anda memiliki kulit yang berminyak, gunakan sunblock gel, atau sunblock spray supaya pori-pori tidak tersumbat. Bila Anda memiliki kulit kering, gunakan sunblock  lotion.

  1. Sunblock Dapat Menutrisi Kulit

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang berserat dan tak larut yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menghilangkan keriput dan garis halus. Sedangkan Elastin adalah protein yang ada di dalam kulit dan juga jaringan tubuh yang berfungsi untuk menjaga kulit agar fleksibel dan kencang. Peran Kolagen dan Elastin ini sangat penting bagi kulit Anda, namun bila terpapar sinar UVA secara terus menerus-menerus akan merusak kandungan kolagen dan elastin di dalam kulit. Bila Anda menggunakan sunblock dengan rutin dapat melindungi kolagen dan elastin dari paparan sinar matahari. Dengan begitu kulit nutrisi kulit Anda terjaga dengan baik.

Nah kan sudah tahu fungsi dari sunblock itu seperti apa, sekarang Anda juga harus mengetahui nih tips memilih sunblock agar tidak merasa rugi.

  • Gunakan Produk Sunblock dengan Kadar SPF dan PA yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Setiap produk sunblock mempunyai ragam SPF dan PA yang berbeda satu sama lainnya. Jika angka SPF-nya semakin tinggi, semakin besar juga perlindungannya terhadap sinar matahari. Namun Anda perlu memperhatikan juga bila sunblock dengan kadar SPF tertinggi adalah yang terbaik. Anda tetap harus menyesuaikan kadar SPF dan PA dengan kebutuhan Anda. mengapa begitu? Sebab kadar SPF yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya iritasi. Untuk penggunaan kegiatan sehari-hari, kadar SPF 15 dengan PA+ dianggap sudah cukup efektif untuk melindungi kulit Anda. Jika Anda sering menghabiskan aktivitas Anda di luar ruang, Anda bisa mengaplikasikan sunblock dengan kadar SPF 30 dan PA++. Jika Anda pergi ke tempat yang terik seperti pantai, Anda bisa mengaplikasikan sunblock dengan kadar SPF 15-30 dan PA+++.

  • Ada Riwayat Alergi atau Kulit Sensitif? Gunakan Produk Sunblock dengan Kandungan Tanpa Bahan Kimia (Anorganik)

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau memiliki riwayat alergi, Anda bisa menggunakan sunblock anorganik yang relatif aman. Sunblock anorganik ini memiliki kandungan titanium oxide, iron oxide, zinc oxide, serta aluminium. Jangan gunakan sunblock dengan kandungan oxybenzone yang sangat mudah terserap ke dalam kulit dan tentunya sangat berbahaya bagi wanita hamil karena bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat.

  • Pergi Berenang di Kolam Renang atau Berlibur ke Pantai? Gunakan Sunblock yang Waterproof, Ya!

Melakukan kegiatan di luar seperti berlibur di pantai, berenang di luar ruangan sangat menyenangkan. Nah melakukan kegiatan di luar sangat rawan terpapar sinar UVA dan UVB. Maka dari itu gunakan selalu sunblock ya. Jangan lupa untuk membeli sunblock yang waterproof ya agar tidak luntur walaupun badan Anda basah. Selain itu aplikasikan sunblock setiap beberapa jam sekali agar kulit Anda terlindung secara efektif. Ternyata sunblock memiliki fungsi yang penting ya!. Maka dari itu Anda harus selalu menggunakan sunblock dengan rutin agar kesehatan kulit Anda terjaga. Jangan lupa juga pilih sunblock yang sesuai kebutuhan Anda ya!.