Tak Hanya Jawa, Papua Juga Unik Dengan 5 Destinasi Wisata Menarik

  • Whatsapp
Wisata

Sadarkah Anda kalau opsi liburan setiap tahun selalu bertambah? Destinasi wisata baru selalu dibangun untuk mendatangkan sebanyak mungkin pendapatan bagi masyarakat setempat. Anda jadi punya berbagai macam pilihan liburan dari yang instagramable, sampai wisata alami berbalut pengalaman berada di alam.

Sekarang liburan asyik pun tidak hanya ada di pulau Jawa, lho. Coba berkunjung ke Papua yang punya puluhan destinasi wisata menakjubkan. Dibandingkan tempat wisata lain, Papua masih punya banyak permata alami yang layak buat dinikmati. Tak perlu takut biaya transportasi menuju Papua mahal karena sekarang sudah ada tiket pesawat Traveloka termurah. Sesampainya di Papua nanti, coba kunjungi lima destinasi menakjubkan berikut:

  1. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat punya banyak sekali lokasi wisata keren yang tidak kalah menarik. Bila Anda berangkat dari pelabuhan Sorong, perlu waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk mencapai Wasai.

Sebagai daerah kepulauan, Raja Ampat sendiri punya empat pulau utama seperti Pulau Salawati, Batanta, Misool dan Waigeo. Empat pulau ini sebagian besar memiliki laguna yang Indah sebagai destinasi wisata alam. Misalkan saja, ada Puncak Pianemo dan Telaga Bintang dengan berbagai macam penyu dan bayi hiu berenang mengitari laguna.

Kalau Anda hobi menyelam, silahkan kunjungi Manta Point yang ada di Misool. Disini perenang bisa menikmati keindahan biota laut terutama pari manta yang sangat unik. Tak hanya laguna, Raja Ampat juga punya gua di Puncak Harfat. Ini adalah Gua yang dianggap keramat bagi masyarakat muslim minoritas di Raja Ampat.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Berbeda dengan Raja Ampat yang memiliki laguna besar dengan bayi-bayi hiu, Taman Nasional Teluk Cenderawasih justru memiliki berbagai macam fauna dan flora bawah laut yang lebih lengkap. Bila melihat luas Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang mencapai 1,5 juta, tentu tak mengherankan bila ada banyak ekosistem makhluk hidup yang mendiami taman ini.

Hingga saat ini ada sekitar 200 jenis ikan hingga 30 jenis burung menghuni Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Dari banyaknya spesies yang menghuni Taman ini, ada hiu paus raksasa yang sering jadi primadona wisatawan. Saking langkanya, hiu ini sampai diteliti secara khusus di Desa Kwatisore.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih, silahkan sewa long boat menuju pulau Rumberpon. Bisa juga turun di Bandara Sentani, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat atau berlayar dengan perahu selama 2,5 jam.

  1. Danau Sentani

Papua tak hanya berisi laguna dan taman biota laut yang indah, melainkan juga danau raksasa bernama Sentani. Luas danau ini sendiri yaitu 9.360 hektar. Uniknya, Danau ini dikelilingi oleh 24 desa, serta dihiasi dengan 21 pulau. Kesemua desa ini terbuka bagi wisatawan yang berkunjung. Anda bisa langsung berinteraksi dengan warga yang ramah dan mempelajari kehidupan masyarakat pemilik rumah panggung.

Di Danau Sentani, wisatawan diperbolehkan untuk berenang hingga menyewa perahu untuk berkeliling. Kalau beruntung, akan ada pertunjukan tahunan khas bernama Festival Danau Sentani. Acara ini selalu penuh sesak oleh wisatawan dan masyarakat Papua sendiri. Anda bisa berwisata kuliner saat acara ini berlangsung.

  1. Lembah Baliem

Selain wisata alam, Papua menawarkan perjalanan mengenal kebudayaan lewat Lembah Baliem. Bila Anda datang ke sini, disarankan untuk trekking alias berjalan kaki melewati setiap rumah Honai. Rumah tradisional suku Dani ini punya atap berbahan ilalang yang membulat. Biasanya banyak penduduk asli yang beraktifitas serta anak-anak kecil bermain di area rumah Honai.

Tak perlu khawatir akan tersesat karena di tempat wisata ini Anda bisa meminta bantuan pemandu asli Papua. Uniknya, pemandu akan menghitung capaian trekking menggunakan waktu, bukan satuan meter seperti pada umumnya.

  1. Pantai Bosnik

Selain laguna dengan keindahan biota lautnya, Papua juga punya pantai indah bernama Bosnik. Dari pusat kota Biak, kamu bisa mengunjungi Pantai Bosnik yang memiliki pasir luas dan air yang masih biru. Bagusnya lagi, di kawasan pantai ini, Anda akan mendapati banyak sekali pohon kelapa. Menikmati air kelapa dengan memandang view pantai Bosnik akan semakin nyaman dengan suasana yang masih sejuk.

Bila tidak ingin kotor-kotoran, bisa rebahan di gazebo yang ada di lokasi. Anda juga boleh menyelam dengan memesan alat snorkeling yang disewakan. Bila Anda tidak bisa menyelam, cukup pandangi pemandangan air yang jernih serta biota laut yang samar terlihat dari atas.

Sayangnya, keindahan pantai Bosnik ini masih kurang publikasi sehingga masih kalah populer dengan Raja Ampat atau Taman Cendrawasih. Padahal, akses menuju Pantai Bosnik sendiri sangatlah mudah, yaitu kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Jalanan menuju pantai ini sendiri juga sudah dalam bentuk aspal.

Papua memang tetap menakjubkan seiring berjalannya waktu. Kaya akan wisata alam nan indah, pulau ini jadi tempat terbaik bagi Anda yang ingin menikmati secuil keindahan surgawi. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Papua, disarankan untuk datang menginap selama beberapa hari. Papua tak bisa dinikmati hanya dalam waktu sehari saja.

Persiapan menuju Papua tentu membutuhkan alokasi dana yang sesuai dengan budget. So, pastikan Anda mendapatkan tiket serta akomodasi terbaik sesampainya di sana. Pastikan juga perjalanan sampai dengan selamat anti telat menuju bandara. Solusinya, bisa coba kereta bandara agar perjalanan Anda lancar sampai terminal kedatangan.

Related posts