Indonesia memang memiliki daya tarik wisata tersendiri yang unik di setiap kotanya. Untuk bisa mengunjungi beragam kota wisata di Indonesia, kamu bisa mengandalkan transportasi umum, yakni kereta api. Menggunakan kereta api sekarang dianggap lebih nyaman, aman dan cepat. Bahkan, untuk kelas ekonomi sekalipun juga sangat nyaman. 

Berbicara tentang kereta pasti tidak lepas dengan yang namanya mudik. Tapi sekarang kereta juga digunakan sebagai transportasi untuk travelling on budget. Menggunakan kereta saat travelling lebih hemat biaya dan menyenangkan. 

Belum lagi, hampir semua stasiun sekarang dekat dengan tempat wisata. Jadi tak perlu jauh – jauh dari stasiun, hanya dengan berjalan kaki saja, kamu bisa melihat ikon dari kota yang kamu kunjungi. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang ada di dekat stasiun kota tujuanmu. Apa saja itu? Tapi jangan lupa cek tiket untuk perjalanan kamu disini

Monumen Kapal Selam, Surabaya

Apakah kamu pernah masuk dan sekedar melihat bagian dalam kapal selam? Kalau belum kamu bisa mengunjungi wisata Monumen Kapal Selam saat berada di Surabaya. Monumen ini berada di Embong Kaliasin dan tidak jauh dari Stasiun Gubeng. Hanya dengan berjalan kaki selama 5 menit dari stasiun kamu bisa melihat kejayaan kapal selam KRI Pasopati 410.

Kapal selam ini merupakan kapal buatan Uni Soviet yang berjuang dalam membebaskan Irian Barat dalam Pertempuran Laut Aru. Untuk bisa menikmati bagian dalamnya, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar 15 ribu saja. Selain menambah pengetahuan dengan bagian dalam yang antik, kamu bisa mengambil foto selfie yang menarik.

Kota Lama, Semarang

Jika sudah sampai di Stasiun Semarang Tawang, coba jalan kaki selama 10 menit. Setelah itu, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata menarik dan membuat kamu bernostalgia. Tidak lain adalah Kota Lama. Di sini, kamu seakan kembali ke masa lalu karena Kota Lama Semarang memiliki banyak bangunan ikonik peninggalan dari jaman hindia Belanda. Tak ayal, kalau Kota Lama Semarang lebih dikenal dengan Little Netherland. Salah satu bangunan yang ada dari ratusan tahun lalu adalah Gereja Bleduk. Jangan lupa kunjungi juga Taman Srigunting dan Gedung Marba.

Malioboro, Yogyakarta

Keluar dari stasiun Yogyakarta, kamu akan disambut dengan Tugu Jogja yang ikonik. Jangan lupa sempatkan waktu untuk berfoto di sana. Tidak hanya itu saja, mampir ke Jalan Malioboro juga wajib hukumnya saat berada di Jogja. Untungnya, Malioboro tidak terlalu jauh dari stasiun Yogyakarta. 

Kamu hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit saja dari stasiun. Selama perjalanan di Malioboro kamu akan menjumpai berbagai pernak – pernik, dari baju, batik, souvenir dan lukisan. Malioboro menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan waktu menikmati malam di Jogja. 

Tidak ketinggalan kamu akan disuguhkan dengan hiburan para musisi lokal yang sangat menghibur. Jangan lupa nikmati pertunjukan jalanan dengan menyantap kuliner di angkringan atau sekedar menikmati kopi arang khas Jogja. Dijamin bikin ketagihan!

Kampong warna warni, Malang

Tidak jauh dari Stasiun Malang Kotabaru, kamu bisa mengunjungi ikon dari kota Malang, yakni Kampung Warna Warni. Kampung ini sebenarnya dulu merupakan pemukiman di pinggir kali Brantas. Hanya saja, sekarang sudah dirubah menjadi daya tarik wisata. 

Berbagai rumah warga di cat menggunakan warna – warna indah dan menarik. Tak ayal, kalau tempat wisata ini menjadi daya tarik untuk berselfie ria. Jangan lupa untuk berfoto di jembatan kaca. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Kampung 3D yang berada di seberangnya. 

Dari Stasiun Malang Kotabaru, kamu hanya cukup berjalan 15 menit saja dan sudah sampai di Kampung Warna Warni. Selain itu, bisa juga melihat ikon Malang, yakni Tugu Malang yang terlihat saat keluar dari stasiun saja. 

Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Buat kamu yang suka seni, maka Galeri Nasional Indonesia yang dekat dengan stasiun bisa menjadi pilihan. Galeri ini terletak persis di seberang Stasiun Gambir. Di sini, kamu bisa melihat beragam pameran seni dan kebudayaan Indonesia. Mulai dari seni kontemporer, antik hingga modern. Tidak hanya pameran saja, ada beragam fasilitas yang bisa kamu nikmati, seperti perpustakaan, seminar dan laboratorium.