Vitamin B Kompleks dan Segudang Manfaatnya

  • Whatsapp
Vitamin B Kompleks

Agar kinerja organ-organ pada tubuh dapat berjalan tetap optimal dibutuhkan nutrisi seperti vitamin. Terdapat beragam vitamin, yaitu vitamin A,B,C,D,E dan K yang memiliki perannya masing-masing [1].

Vitamin B memiliki peranan yang cukup penting di dalam tubuh.  Sayangnya, tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin B sehingga tubuh memerlukan asupan vitamin B dari pengkonsumsian makanan atau suplemen vitamin B. Vitamin B terdiri dari beberapa jenis yang berbeda dan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh [2].

Satu hal yang perlu diketahui adalah vitamin B juga merupakan vitamin yang dapat larut dalam air sehingga kelebihan vitamin B yang terjadi dalam tubuh dapat dikeluarkan bersama urine [2].

Ada delapan jenis vitamin B dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Jika digabungkan, kedelapan zat ini disebut vitamin B kompleks.

Berikut penjelasan lebih detail mengenai manfaat vitamin B:

  • Vitamin B1 (thiamine) untuk Mendukung Kesehatan Saraf dan Sumber Energi

Jenis vitamin B yang pertama adalah Vitamin B1 memiliki manfaat menjaga sistem saraf Anda tetap sehat dan dapat mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Makanan kaya akan vitamin B1 yang bisa Anda konsumsi adalah telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong. Untuk wanita Anda membutuhkan asupan vitamin B1 sebanyak 0,8 mg tiap harinya, dan 1 mg untuk pria [3].

  • Vitamin B2 (riboflavin) untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Memiliki kulit dan mata yang sehat dambaan semua orang. Untuk mewujudkan itu semua Anda harus mencukupi kebutuhan harian vitamin B2 Anda. Dosis konsumsi vitamin B2 harian yang disarankan adalah 1,1 mg untuk wanita, dan 1,3 mg untuk pria. Manfaat vitamin B2 lainnya adalah menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan [3].

Makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat vitamin B2 adalah ikan, telur, susu, sayur mayur atau nasi.

  • Vitamin B3 (niacin) yang Memastikan Kinerja Sistem Saraf

Hampir sama dengan thiamine, vitamine B3 atau niacin, Vitamin B3 bisa menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa Anda temukan pada susu,kacang-kacangan,  telur, ikan, dan daging sapi. Kebutuhan harian vitamin B3 adalah 13 mg untuk wanita, dan 17 mg untuk pria [3].

  • Vitamin B5 (pantothenic acid) untuk Pertumbuhan dan Produksi Hormon

Manfaat dari vitamin ini adalah membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Selain itu, makanan yang Anda makan bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Anda bisa mendapatkan manfaat dari Vitamin B5 dengan mengonsumsi kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah [3].

  • Vitamin B6 (pyridoxine) untuk Menjaga Metabolisme

Dilansir dari National Institutes of Health, vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B6 berfungsi membentuk hemoglobin untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jenis vitamin B ini juga menjaga otot, saluran pencernaan, dan beberapa bagian dari imunitas tubuh.

Manfaat vitamin B6 bisa Anda dapat dari makanan seperti, kacang, susu, kentang, rebung, ikan, daging ayam, dan pisang [2]

  • Vitamin B7 (biotin) sebagai Pemecah Lemak dan Karbohidrat

Fungsi utama dari vitamin B adalah sebagai pemecah nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Wortel, hati, sereal, salmon, dan pisang adalah beberapa makanan sumber vitamin B7 [2].

  • Vitamin B9 (folic acid) untuk Menjaga Kesehatan Janin dalam Kandungan

Vitamin yang satu ini memiliki manfaat yang sangat bagus bagi wanita hamil yaitu bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat.  Untuk ibu hamil atau berencana hamil, Anda disarankan mengonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari.

Beberapa makanan sumber vitamin B9 adalah asparagus, kacang polong, brokoli, sereal, dan bayam [2].

  • Vitamin B12  (cobalamin) yang Membantu Produksi Sel Darah Merah

Berdasarkan Harvard Medical School, tubuh manusia nyatanya membutuhkan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah, pembentukan saraf dan juga DNA. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari salmon, daging, susu, keju, dan telur. Dosis yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1,5 mcg per hari [3].

Itulah segudang manfaat vitamin B yang perlu Anda ketahui. Ada beberapa gejala yang muncul saat tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Beberapa gejalanya adalah munculnya ruam pada kulit, kulit pecah dan bersisik di sekitar mulut, lidah bengkak, depresi, mual, diare, dan lain sebagainya [4].

Untuk itu penting bagi Anda mengonsumsi makanan-makanan yang sudah disarankan di atas. Selain itu ada minuman isotonik yang mengandung vitamin B seperti B3, B6 dan B12 yang membantu proses pembentukan energi yaitu Mizone. Memiliki empat varian rasa, yaitu Lychee Lemon (Leci Lemon), Cranberry (Kranberi),Starfruit (Belimbing), dan Cherry Blossom (Bunga Sakura) yang menyegarkan dan yang terpenting adalah Mizone menggunakan pemanis alami dengan kadar gula dan kalori yang rendah [5]

Tunggu apa lagi segera beli Mizone untuk sumber vitamin B Anda!

Source:

  1. https://www.alodokter.com/menelaah-lebih-dalam-fungsi-vitamin-untuk-kesehatan
  2. https://www.halodoc.com/artikel/apa-saja-manfaat-vitamin-b-bagi-tubuh-
  3. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-vitamin-b-bagi-kesehatan
  4. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex
  5. https://mizone.co.id/faq

Related posts